Pulau Derawan

Pulau Derawan: Maldivesnya Indonesia Budget Murah

Bosen gak sih kalau tiap liburan cuman kebun binatang, waterboom atau ke beach club? Emang sih liburan ke tempat–tempat yang nyaman, full fasilitas, dan budget sudah pasti enak banget. Tetapi ada lho, satu pulau kecil yang indah, trus air lautnya tenang, bisa main dengan biota–biota laut tapi hanya dengan budget ekonomis.

Percaya gak percaya, Pulau Derawan adalah pulau wisata yang menawarkan pemandangan seindah Maldives namun hanya bermodalkan budget senilai kita mengunjungi pulau Seribu. Tapi khan Pulau Derawan di Kalimantan? Pasti biaya disana mahal? Ya memang, banyak orang yang memiliki pendapat seperti itu, tapi kalau bisa berwisata pakai jurus HEMAT, CERMAT dan TEPAT kenapa gak?

1. Transportasi

Perjalanan dapat dimulai dari manapun, karena tujuan pertamannya adalah ke Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dari Berau (bandara) perjalanan darat dapat ditempuh 2–3 jam mengunakan taxi online pada kisaran biaya Rp. 450.000 /mobil jadi kalau ber-lima ya sekitar Rp.90.000 /orang.

Kalau udah sampai Tanjung Batu perjalanan akan dilanjutkan ke Pulau Derawan, nah ini ada dua pilihan bisa naik boat kapasitas 3 orang atau speedboat kapasitas 15 orang. Dan tentu lebih murah kalau ramai–ramai, Rp. 116.000 /orang untuk Boat kecil dan Rp. 80.000 /orang untuk speedboat besar.

2. Penginapan

Setelah melangkahkan kaki ke Pulau Derawan, pengunjung disuguhi dengan pemandangan pondok–pondok kayu  yang berjajar indah hampir di tengah pantai. Konsepnya mirip–mirip kayak resort yang di Maldives githu, ya tapi bedanya ini lebih merakyat gak se glamour itu. Tapi gak kalah kece kok soalnya pas buka jendela kamar trus ngeliat kebawah bisa lihat ikan dory sama nemo yang lagi asyik ngobrol. Ha…ha…ha. Untuk rate nya sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 900.000 ribu saja. Ukuran kamar bisa disesuaikan, misal nambah ekstra bed, ada AC juga, plus hammock di setiap balkonnya. Dijamin nyaman dan instagramable banget lah.

Mungkin lo suka?  Traveling Saat Pandemi ? Takut? Yuk, Traveling Aman dan Sehat

3. Makanan

Kalau soal makanan juga jangan khawatir, disini olahan seafood melimpah ruah dan pastinnya hargannya super , duper terjangkau. Mulai dari Rp. 15.000 udah bisa menikmati berbagai jenis makan dan minuman segar. Tapi kalau mau hemat lagi ya boleh kok bawa mie instan, tenang ada dispenser sama kompornya di lobby. He he

4. Tujuan Wisata

Setiap sudut di pulau Derawan bisa di eksplorasi dan menjadi tempat wisata itu sendiri. Biasanya hal pertama yang dilakukan wisatawan adalah menunggu matahari terbenam di Gusung Sanggalau. Sembari menunggu Matahari yang terbenam kita bisa ber jalan–jalan di pantai yang sedikit menjorok ke Lautan. Dan wajib banget foto disini, karena moment pencahayaan warna oranye itu cuman bisa ditemukan disini.

Keesokan harinnya,kita bisa menuju ke Talisayan yang gak jauh dari Derawan. Sekitar 30 menit naik Boat kita diajak Meet & greet sama Hiu Paus yang biasannya Cuma bisa dilihat di bulan Maret sampai Desember. Selanjutnya kita diajak mengunjungi Pulau Maratua sejauh 1 jam perjalanan , hanya dengan Rp. 40.000 saja kita bisa puas berkeliling dermaga hingga Snorkling.

Tak hanya punya pantai, Derawan juga memiliki Laguna yang disebut dengan Kehe Daeng. Airnya berwarna biru jernih dan tenang sehingga para wisatawan bisa berenang sambil ngasih makan ikan–ikan kecil. Bergeser sedikit kita akan diajak bertemu ribuan ubur–ubur paling jinak se Indonesia. Tapi dengan syarat jangan memakai sunblock atau lotion agar ekosistem di dalam sana tetap terjaga, trus pas berenang harus rileks dan gak boleh grasah–grusuh karena takutnya bikin ubur–ubur jadi kaget trus kabur deh.

Mungkin lo suka?  Travelling Instagram: Memecahkan Misteri Feeds Nicholas Saputra

Nah, untuk obyek wisata terjauhnya adalah Labuan Cermin.  Untuk mengunjungi danau ini dibutuhkan waktu 3 jam dengan mengunakan boat, emang jauh sih tapi setelah sampai sana gak bakalan nyesel deh! Karena kamu bakalan disuguhin air danau yang jernih banget, saking jernihnya membentuk kamuflase seakan kapal–kapal terlihat seperti melayang.


Nah, sekarang bisa percaya khan berwisata ke Pulau Derawan gak perlu merogoh kocek dalam–dalam. Tipsnya nih, cari informasi promo sebanyak–banyaknya, trus cari waktu yang benar–benar pas buat liburan, bandingkan liburan mandiri atau mau mengunakan tour guide (sharing sama temen) sama cari endorsean deh, siapa tau malah free akomodasi plus dapet uang saku. He..he

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply